KilometerIndonesia

AdSense

Pemandangan Indah inilah yang menjadi perburuan utama para pelancong

Berwisata ke Gunung Bromo menjadi agenda yang diimpikan oleh sebagian masyarakat Indonesia, terlebih warga Jakarta dan sekitarnya. Terkenal karena pemandanganya yang indah dan suhu yang dingin, menjadikan tempat ini sebagai destinasi wajib saat mengunjungi wilayah Jawa Timur.

Letaknya cukup jauh dari Ibu Kota (Jakarta), butuh waktu semalaman jika menggunakan bus dan kereta. Jika kalian punya modal lebih gunakanlah pesawat karena akan memangkas waktu lebih dari 10 jam, dan tentu akan menghemat tenaga kalian yang habis di perjalanan.

Jika kita berbicara apa sih tipsnya yang harus kita ketahui sebelum berkunjung ke Bromo? Berikut tipsnya.

Tentukan Waktu Terbaik Berkunjung Ke Bromo

Waktu yang diyakini sangat cocok untuk pergi ke Bromo adalah saat musim kemarau, karena cuaca cukup bersahabt pada musim ini terlebih langit cenderung akan lebih bersih dibandingkan musim penghujan.
Kesempatan kalian menyaksikan Golden Sunrise juga akan lebih tinggi, karena langit terlihat indah dan tidak ada barisan awan mendung yang menutupi matahari keluar dari ufuknya. Rasakan sensainya langit yang tadinya gelap gulita menjadi lembayung dan terang saat matahari menampakan sinarnya, ini adalah pengalaman yang tidak akan tergantikan seumur hidup kalian.

Pemandangan Awan di atas Padang Pasir Bromo
Kekuranganya adalah suhu akan sangat dingin pada malam hari, dan ini menjadi tantangan tersendiri untuk kalian. Untuk mencegah hawa dingin yang terlampau menusuk tubuh maka siapkan jaket yang hangat yang bisa menghalau angina dingin, dan siapkan termos berisi teh hangat, jahe hangat atau minuman apapun yang bisa berfungsi untuk menghangatkan tubuh.

Pertimbangkan Akomodasi Kendaaraan Saat di Bromo

Pertimbangkanlah dari mana kalian akan menyewa kendaraan, terlebih kendaraan Jeep yang akan kalian gunakan saat mengelilingi pada pasir di Gunung Bromo. Jika kalian sewa Jeep dari Wonokriti Pasuruan dan Cemoro Lawang Probolinggi maka tentu akan lebih murah biaya sewanya, tapi kesulitanya adalah kalian harus menyewa juga kendaaraan dari kota-kota disekitar Bromo untuk sampai ke pintu masuk Taman Nasional Gunung Bromo.

Tentu Jeep bukanlah pilihan utama, kalian hanya akan mendapatkan sensasi offroad saat mengelilingi Padang pasir Gunung Bromo. Pilihan lain yang bisa dipilih adalah menyewa Motor dari Kota Malang, menyewa motor di Jawa Timur terbilang cukup murah dan lebih efektif dibandingkan dengan menyewa mobil. Keuntungan menggunakan kendaraan bermotor adalah kalian akan lebih fleksibel dalam menentukan waktu berapa lama kalian akan berkeliling di daerah Bromo, dan juga kalian akan lebih bebas menentukan bukit mana yang akan kalian pilih saat melihat Sunrise.

Jeep yang bisa kita sewa untuk menelusuri Padang Pasir
Sayangnya kendaraan bermotor harus di kendarai sendiri dan butuh tenaga ekstra terlebih jarak antara Malang dan Bromo juga cukup jauh, dan juga 1 motor hanya bisa ditunggangi oleh 2 orang saja menjadikan motor tidak efektif jika kalian berkunjung dalam rombongan yang banyak.

Pertimbangkan Lokasi Menginap

Jika kalian dari Jakarta maka Kota yang akan dikunjungi terlebih dahulu adalah Malang, dan jarak antara Malang dan Bromo cukup jauh. Jadi pilihanya adalah kalian bisa menginap di Malang dan berangkat tengah malam untuk mengejar Sunrise atau memilih menginap di daerah Bromo dan bersiap pukul 4 Pagi untuk menyambut matahari terbitnya.

Tentu menginap di daerah Bromo akan lebih mahal dibandingkan di Malang, tapi bagi budget yang minimalis ini menjadi pilihan yang baik. Jika kalian berangkat malam hari dari Jakarta maka kalian akan sampai di Malang Pagi hari, setelah sampai dimalang kalian bisa menuju hotel dan bersiap mencari kendaraan untuk di sewa, jadi saat kalian bersiap malam harinya kendaraan sudah standby di tempat kalian menginap.

Perjalanan dari Malang ke Bromo dilansir sekitar 2 sampai 3 jam, dengan track yang panjang dan berliku tapi dengan pamandangan pedesaan, sawah dan hutan yang menajdikan perjalanan sangat spesial. Pertimbangkanlah kemampuan kalian berkendara pada malam hari jika kalian menginap di Malang, karena tentu berkendara pada malam hari sangat riskan terlebih bagi kalian yang tidak berpengalaman.
Sewa Hotel di Bromo berkisar antara Rp. 250.000,- keatas, tidak terlampau mahal cukup murah juga dibandingkan resiko yang ditanggung jika kalian berangkat dari Malang untuk mengejar Sunrise. Mungkin pilihan menginap di warung-warung sekitar Bromo juga bisa dipilih, tapi mungkin harus ada kenalan supaya bisa leluasa untuk menumpang.

Langit yang Bersih saat musim Kemarau, semoga saat kalian Berkunjung
kesini kalian mendapatkan pemandangan seindah ini juga
Perkiraan Budget

Berikut adalah rincian biaya yang dibutuhkan, (ini hanya perkiraan)

Tiket Kereta Api Jakarta-Malang PP:
Rp. 500.000,- (ekonomi)
Rp. 1.100.000,- (Eksekutif)

Tiket Pesawat Jakarta-Malang PP:
Rp. 900.000,- (Ekonomi)
Rp. 2.000.000,- (Bisnis)

Sewa Kendaraan Malang-Bromo:
Motor Rp. 160.000,- (2 hari) + Bensin Rp. 100.000,-
Mobil Rp. 1.000.000,- (2 hari) + Bensin Rp.250.000,-
Jeep Rp. 1.250.000 (12 Jam) kapastias 6 Orang

Hotel
Malang Rp.125.000 – 200.000 (Regular)
Bromo Rp.250.000– 500.000 (Regular)

1 komentar:

  1. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :) :)

    ReplyDelete