KilometerIndonesia

AdSense

2 tahun berlalu semenjak, kejadian waktu itu (baca :Memory of Gede Pangrango), pesan singkat dari adik kelas memberikan kabar bahwa akan diadakan pendakian ke Gede Pangrango (GP)..
"kak kami akan mengadakan pengukuhan di Gunung Gede..."

"okeh gua ikut.. tolong masuk booking ya.." balas pesan singkat saya kepada mereka..

Sesaat membaca pesan tersebut dada berdegup.. Menarik nafas sejenak.. lalu memantapkan diri.. Ini Gunung Gede..
"Saya pasti bisa!.." kapan lagi ada kesempatan kaya gini.. Saya ga mau berhutang seumur hidup..

Hal yang paling sulit dari pendakian kali ini adalah melawan pobia saya terhadap GP..Penyesalan selama ini harus di tuntaskan sekarang, inilah kesempatan.. Hup-hup.. Cuci sepatu joging, hahahaha..

Malam itu 2 jam saya menunggu rombongan dari Jakarta di depan minimarket Pasar Cisarua.. sambil membeli beberapa ransum untuk pendakian esok hari.. Duduk menunggu mereka cukup membosankan,, tapi dengan cuaca Cisarua yang adem membuat saya betah duduk berlama menikmati sejuknya udara...

.........................

Mobil yang ditunggu pun datang.. Ramai sejenak setelah saya masuk ke dalam mobil.. Beberapa jabat tangan khas pecinta alam saya terima.. Sedikit mengobrol untuk persiapan pendakian besok dan teknis pendakian.. lalu setengah jam saya duduk di mobil, dan saya pun terlelap...

Sesampainya di Cibodas disambut dengan kabut dan gerimis.. Gerimis saat itu membuat saya sedikit bernostalgia 2 tahun lalu, cibodas malam itu lumayan dingin.. yakin esok hari cerah dengan cuaca malam yang seperti ini..

Kami bercanda, saling meledek dan tertawa telepas.. Malam itu kami bahagia.. tapi sebenernya dalam hati kami berkata, esok adalah hari penting kita semua.. di basecamp Cibodas, malam itu kami terlelap sebentar, mengistirahatkan jiwa kami dan tubuh kami..

Jam 3 pagi.. Kami bersiap packing barang-barang kami, menyantap sedikit snack, dan melakukan pemanasan. Breafing kami lakukan sebelum melakukan pendakian, mengatur strategi pendakian.. Malam itu kami berdiri dengan kaki kami,, Menatap mimpi-mimpi kami di puncak sana yang masih tertutup oleh gelap..

Kami semua, mulai melangkah.. langkah pertama kami..
Subuh hari, saat langit mulai membiru, kami berhenti sejenak.. masing-masing dari dahi kami menyentuh tanah bersyukur dan memohon keselamatan atas pendakian kali ini..

Batu demi batu, peluh demi peluh, nafas yang memburu dan mata yang sayu kelelahan menemani perjalanan kami.. Bercanda dan tertawa bersama mengobati setiap jengkal lelah kami.. Sepanjang perjalanan kami ditemani hutan tertutup, dan kicauan burung.. cuaca hari itu cerah sekali.. Perjalanan panjang kami tempuh, tujuan kami Pos Kandang Badak.

Siang hari pukul 2 siang kami sampai di Pos Kandang Badak, mendirikan tenda memasak bercanda dan tertawa.. meluruskan kaki kami.. dan bersyukur telah sampai disini...

Mengobrol melepas rindu dan saling bercanda membuat waktu cepat berlalu.. Malam pun menjelang..

Malam hari itu sangat dingin, awan terlihat mendung (karena tidak terlihat bintang), mungkin akan hujan... Setelah makan malam, kami mengatur strategi pendakian esok, dan kami beranjak masuk ke tenda masing-masing.. Tidur Sejenak,, bersiap mempersiapkan fisik dan jiwa untuk summit attack esok hari..