KilometerIndonesia

AdSense

Pisau Gunung yang Keren
Pisau adalah alat yang sangat wajib untuk dibawa saat naik gunung, karena kita akan sangat membutuhkan pisau baik untuk keperluan aktivitas memasakdan sebagainya atau untuk melindungi diri dari keadaan darurat yang membahayakan. Pisau biasa dijadikan alat survival yang paling pentin guntuk dimiliki, keterbutuhan atas benda ini cukup tinggi karena menjadi salah faktor penunjang kondisi saat kita bertahan hidup.

Saat ini sangat bervariasi baik dari segi bentuk, kemudahan dan harga. Sebenernya tidak juga kita butuh pisau dengan harga yang mahal, hanya yang menjadi pertimbangan utama adalah pisau tersebut sesuai dengan budget kita dan memiki spesifikasi sesuai dengan kebutuhan kita.

Berikut adalah tips yang bisa diberikan untuk kalian yang bingung dalam membeli jenis dan seperti apa pisau yang baiknya kita siapkan, pinjam, atau beli.

Ukuran Pisau

Kenapa Ukuran? Karena belum tentu pisau yang ukuranya besar memiliki kemampuan yang besar juga, apalagi jika kebutuhan kita adalah bukan untuk memotong sesuai yang besar tetapi kebutuhan kita adalah memotong sesuatu yang tajam dan detail. Begitu juga memilih ukuran pisau yang kekecilan, tentu ini juga tidak dianjurkan karena pisau ini terlalu lemah untuk digunakan dalam arti tidak memiliki kekuatan memotong yang maksimal. Para pendaki di berbagai artikel merekomendasikan ukuran pisau yang paling ideal adalah 23-28 cm, ukuran ini bisa memotong kayu atau batoning dan bisa digunakan untuk memotong makanan dan bisa juga menjadi senjata untuk berlindung dari hewan buas.

Bahan Pisau

Rata-rata pisau gunung yang beredar di pasaran adalah pisau dengan bahan stainless steel, bahan ini memiliki banyak keuntungan antara lain harganya murah dan tidak mudah karat. Kekuranganya antara lain adalah tidak terlalu baik dalam ketajaman dan kekuatan, dan hanya bisa melakukan beberapa hal seperti memotong sesuatu yang tidak terlalu kuat. Berbeda dengan bahan Baja misal Baja D2, memiliki kekuatan yang cukup kuat untuk memotong sesuatu yang tebal dan kuat. Kelemahanya antara lain adalah mudah berkarat, oleh karena itu pisau dengan bahan ini harus memiliki perlakuan khusus jika ingin awet. Bahan yang cukup direkomendasikan adalah Pisau berbahan karbon (Inox Stainless), pisau ini tidak mudah berkarat dan memiliki kekuatan yang baik dalam memotong benda yang memiliki kekuatan dan ketebalan yang keras.

Pisau Fix

Adalah pisau dengan gagang yang sudah fix atau tidak dapat dilipat, pisau ini lebih kuat dan memiliki ketahanan yang bisa direkomendasikan untuk kegiatan alam bebas. Pisau ini biasanya dibawa oleh tentara yang biasa digunakan baik disegala kondisi terlebih tentara dituntut untuk bertahan hidup di alam bebas.

Full Tang Knife

Kita harus jeli melihat spesifikasi dari pisau, rata-rata golok yang biasa itu tidak memiliki bilah yang sampai ke gagang dan cenderung beresiko untuk copot dari gagang jika tidak hati-hati. Full Tang Knife (Bilah Pisau sampai ke Gagang) memiliki ketahanan yang cukup kuat dan bisa diandalkan untuk memotong benda yang memiliki diameter yang cukup luas atau tebal, terlebih pisau ini lebih aman untuk digunakan karena bilah tajam tidak mudah terlepas dari tangan kita.

Bentuk Ujung Pisau

Ujung pisau berfungsi untuk macam-macam, salah satunya adalah untuk mencongkel, menggali dan menusuk. Bilah ujung yang tajam sangat berguna untuk melakukan hal tersebut, terlebih ujung pisau yang tajam dan kuat menambah kemudahan kita untuk melakukan beberapa hal dari pisau.

Miliki Bagian Tumpul di Sisi Lain

Alasan utama adalah keamanan tangan saat memegang pisau, jika kedua bilah pisau tajam maka akan sulit melakukan pemotongan jika membutuhkan tenaga dorong yang lebih kuat. Fungsi lain antara lain adalah bagian tumpul ini bisa untuk pemantik api (Fire-stating ferro-rod), karena memiliki manfaat untuk memberikan gesekan yang maksimal.

Gagang Pisau yang Kuat

Gagang pisau memiliki fungsi antara lain adalah seperti palu, bisa untuk memukul, dan memecahkan seseuatu. Misal kita ingin memecahkan cangkang kerang yang ingin kita ambil dagingnya, atau memukul sesuatu untuk menancapkan sesuatu hal ini akan memberikan kita manfaat yang banyak.

Itulah beberapa pertimbangan yang bisa diberikan untuk teman-teman yang bingung dalam memilih pisau yang baik, satu lagi sebenarnya yang penting adalah jenis pisau yang kalian pilih. Pisau yang kalian bawa ini untuk apa? Untuk memasak, memotong, bertahan hidup dan lain sebagainya. Tidak semua pisau multi fungsi seperti itu oleh karena itu bawalah pisau sesuai dengan yang kalian butuhkan supaya tidak memberatkan kalian di perjalanan apalagi pisau yang dibawa dimensinya besar dan memiliki bobot yang lumayan berat, bahkan ternyata pisau itu tidak berguna sama sekali.


Mudah-mudah bermanfaat ya, Selamat Mendaki ^^v

0 komentar:

Post a Comment