KilometerIndonesia

AdSense

Bayangkan kalian berada di tempat gelap gulita tanpa lampu dan butuh penerangan seperti yang biasa kalian dapatkan dengan mudahnya, tinggal menekan sakelar lampu dan kalian mendapatkan penerangan. Inilah yang menjadi suatu hal yang tidak mungkin bisa didapatkan ketika kalian mendaki gunung, dan untuk mengatasi ini kalian butuh penerangan dadakan. Biasanya pendaki akan membawa senter dan lampu emergency sebagai tambahan penerangan dimalam hari saat dibutuhkan, tapi ada juga yang mengandalkan hanya dengan lilin, obor dan api unggun untuk menggantinya.

Namun ada beberapa pertimbangan yang seharusnya kita ketahui sebelum memilih alat penerangan apa yang paling cocok untuk kita, sebut saja penerangan yang paling praktis adalah senter. Pertama karena alat ini ringan, dan memiliki dimensi yang cukup kecil juga sangat berguna karena memberi penerangan yang cukup dan tidak berlebihan untuk diri kita.

Berikut adalah tips yang bisa saya coba share untuk temen-temen dalam memilih senter gunung.

Ukuran Senter
Pilihlah senter yang tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil, hal ini akan bermanfaat untuk memudahkan kalian menggenggam senter dan tidak mudah lepas juga jatuh. Dimensi senter yang besar akan merugikan kalian, terlebih biasanya senter besar memiliki bobot yang cukup berat. Dimensi yang terlalu kecil bisa membuat senter mudah jatuh dan sulit untuk dicari jika dibutuhkan.

Daya Tahan Senter
Saat ini ada banyak senter yang memiliki ketahanan luar biasa antara lain: tahan banting, tahan air, tahan dingin dan memiliki konsumsi energi yang efektif. Pilihlah senter dengan sistem pencahayaan LED, karena ini akan cenderung lebih hemat dan memiliki pencahayaan yang bagus. Teknologi baterai juga bisa menjadi pertimbangan, pilihlah penggunaan baterai kering karena memudahkan kita untuk mengganti baterai jika habis dan kita juga bisa membawa baterai cadangan untuk menunjang kondisi tidak terduga.

Kemampuan Multifungsi
Bukan hanya lampu sorot, senter yang memiliki kegunaan lain sangat bermanfaat untuk kegiatan kita saat mendaki gunung. Antara lain yang bisa menjadi pertimbangan adalah kemampuan lentera, sinar jarak jauh dengan cahaya redup, terang dan sinyal SOS. Senter berbentuk Headlamp juga bisa direkomendasikan untuk digunakan, apalagi jika perjalanan di lakukan malam hari. Headlamp akan membantu kita untuk mengurangi beban kita saat melakukan pendakian malam hari (gelap), tangan lebih ringan dan bisa digunakan untuk mencengkram dengan maksimal.


Harga Senter
Memang inilah pertimbangan yang cukup penting, antara lain harga. Harga yang mahal biasanya akan memberikan kualitas yang baik juga, bisa dibilang ada harga ada kualitas. Tapi tidak selamanya harga yang tinggi akan sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan, kembali lagi diri kita untuk lebih bijak dalam memilih bagaimana senter yang paling kita butuhkan saat ini.

Itulah kira-kira saran yang bisa diberikan, dari semua ini yang paling penting adalah wajib membawa senter. Karena ini akan sangat berguna di gunung, apalagi kondisi-kondisi tertantu yang sulit sekali kita duga. Lebih baik mencegah dari pada menyelesaikan masalah, so mudah-mudahan bermanfaat.
Selamat Mendaki ^^v

0 komentar:

Post a Comment