KilometerIndonesia

AdSense

Letusan Gunung Raung
Ketika kita membicarakan Jawa Timur, ada salah satu Gunung di Jawa Timur yagn tersehor hingga ke seluruh Indonesia. Bukan hanya Gunung Semeru tapi juga ada satu gunung yang sangat melegenda baik dari segi sejarah dan segi medan yang aduhai yaitu Gunung Raung. Gunung Raung terletak di Banyuwangi, Desa Sumberarum, menurut sejarah Gunung Raung memiliki sejarah kelam saat 5 abad terakhir. Letusanya 5 abad silam pernah menimbulkan bencana besar.

Tercatat bahwa Gunung Raung meletus pertama kali tahun 1586, dan tercatat bahwa ini sebagai letusan yang hebat yang mengakibatkan wilayah sekitar Gunung Raung rusak dan memakan korban jiwa. Gunung Raung juga tercatat meletus pada tahun 1597 dengan kekuatan letusan yang juga sangat hebat, hal ini membuat kerusakan yang cukup parah dan juga memakan korban jiwa. Berbeda dengan letusan yang terjadi tahun 1638, letusan ini mengakibatkan banjir lahar yang besar sampai Kali Setail Kecamatan Sempu dan Kali Klatak Banyuwangi.

Jalur Menuju Puncak Raung
Letusan tahun 1730 adalah letusan yang terdahsyat yang pernah terjadi pada Gunung Raung, bahkan dampak letusan ini sampai tiga kali lebih luas dibandingkan letusan-letusan sebelumnya. Tercatat bahwa aktifitas terakhir dari Gunung Raung adalah di tahun 1812 sampai 1815, direntang tahun ini letusan mengakibatkan hujan abu yang lebat dan suara gemuruh.

Setelah serangkaian aktifitas Gunung Raung, Gunung ini tenang dan tidak menampakan aktifitasnya sampai 44 tahun kemudian. Lalu setelahnya terjadi banyak serangkaian aktifitas gunung Raung , antara lain di tahun 1859, 1864, 1881, 1885, 1890, 1896, 1913, 1915-1917, 1921, 1924 dan terjadi dentuman keras pada tahun 1927 seperti bunyi bom yang sangat keras.

Di Salah Satu Puncak Gunung Raung
Gunung Raung memiliki bibir kaldera seluas 1.200 meter, tingga 3.332 MDPL dan masuk dalam jenis gunung stratovolcano. Secarfa gepgrafis gunung ini berada dalam kawasan kompleks Gunung Ijen dan menjadi puncak tertinggi dari gugusan pegunungan tersebut. Gunung raung memiliki 4 puncak tertinggi,  yaitu Puncak Bendara, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi dan yang paling tinggi adalah Puncak Sejati. Kaldera Gunung Raung merupakan kaldera yang kering dan terbesar di Pulau Jawa dan Terbesar di Pulau Jawa.

0 komentar:

Post a Comment