KilometerIndonesia

AdSense

Keram Kaki rentan terjadi saat naik Gunung,
Jadi Latihan fisiklah karena latihan fisik itu penting.
Tulang, Punggung, Kaki, Tangan, Leher pasti merasakan sedikit nyeri pasca naik gunung, ini lumrah terjadi karena ini termasuk metabolisme tubuh setelah melakukan perkerjaan yang cukup berat terlebih jaringan otot. Rasa nyeri ini dikarenakan penumpukan asam laktat hasil dari olahan energi di tubuh, asam piruvat yang termetabolisme menghasilkan asam laktat di dalam tubuh dan biasanya menumpuk di jaringan otot. 

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk kalian untuk mengatasi hal ini, minimal rasa nyeri ini bisa hilang dalam waktu cepat.

Berikut Saranya :

Lakukan Pencegahan Dengan Latihan Fisik yang Cukup Sebelum Mendaki
Benar, ini adalah tindakan pencegahan karena latihan fisik bisa membuat kemampuan tubuh merespon dengan cepat bagaimana membuang asam laktat di dalam tubuh. Disamping itu Latihan fisik juga bisa membuat tubuh mempunyai respon untuk menghasilkan asam laktat dalam jumlah sedikit ketika melakukan aktifitas fisik, hal ini karena otot yang terlatih memiliki mitokondria yang lebih banyak.

Istirahatkan Tubuhmu
Ini momen yang penting, istirahatlah yang cukup dengan tidur tidak terlalu malam. Cukupkanlah istirahat malammu karena ini akan membuat tubuh lebih cepat pulih, disamping itu tidur baik untuk memperbaiki jaringan tubuh yang harus regenerasi pasca pendakian.

Minum Air Cukup
Minum dalam jumlah yang cukup, jangan minum kopi dan teh dalam jumlah banyak (lebih baik hindari dulu). Kecukupan air membuat tubuh lebih mudah mengurai asam laktat di dalam tubuh, sehingga tubuh yang nyeri bisa lebih cepat pulih seperti sedia kala.

Konsumsi Makanan Gizi Seimbang
Kebutuhan Zat Gizi Makro dan Mikro wajib terpenuhi, supaya tubuh yang butuh asupan bisa lekas menerima nutrisi untuk regenrasi. Makanlah buah dan sayur untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral, bisa juga konsumsi tinggi protein dan kalsium seperti susu murni.

Gunakan Air Hangat Saat Mandi
Rasa hangat memberikan saras rileks yang nyaman, ini sangat baik untuk meregangkan otot-otot yang tegang. Jadilah sangat baik untuk berendam di air hangat, atau sekedar mandi dengan air hangat.

Itulah kira-kira saran yang bisa diberikan, mudah-mudahan bagi kalian yang baru turun gunung bisa lekas pulih yah supaya bisa beraktifitas dengan normal seperti sedia kala.

0 komentar:

Post a Comment