KilometerIndonesia

AdSense

Dingin Gunung, hal inilah yang kadang kita cari pada saat naik gunung. Karena sulit sekali merasakan dingin yang sangat menusuk kecuali saat kita mendaki gunung, disamping itu rasa dingin juga menandakan udara yang segar apalagi udara di pagi hati. Tapi pada kasus tertentu ada beberapa kondisi udara di gunung sangat menusuk tulang dan kadang akan mengakibatkan dampak yang cukup berbahaya. Hipotermia adalah kondisi dimana suhu tubuh drop jatuh, sehingga sistem metabolisme tubuh terganggu dan beresiko pada kematian. 

Untuk itu saya akan memberikan tips bagaimana cara supaya kita bisa menahan rasa dingin dan tetap kuat untuk mengahadapi dingin yang bisa menusuk hingga ke tulang.

  1. Lakukan Klimatisasi Sebelum Mendaki.
    Hal ini akan membantu tubuh merespon turunya suhu di sekitar, tubuh akan terbiasa untuk merespon rasa dingin sehingga tidak terlampau jatuh dan beresiko untuk hipotermia. Para pendaki profesional biasanya akan tinggal beberapa hari di kaki gunung, sebelum melakukan pendakian. Untuk Gunung Indonesia disarankan untuk tinggal semalam menyamakan kondisi tubuh dengan suhu tinggi disana, setelah malam menginap baru bisa memulai pendakian di pagi hari.
  2. Hindari Pakaian Basah (Oleh keringat dan Hujan).
    Keringat adalah hal yang pasti ada saat mendaki, yang berbahaya adalah jika keringat ini tidak lekas kering dan berbahaya untuk penurunan kondisi tubuh. Hal yang paling adalah memilih bahan pakaian yang cepat kering dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Hujan adalah resiko, baju yang basah dan tidak segera diganti akan mengakibatkan turunya suhu tubuh. Oleh karena itu jas hujan yang baik sangat dianjurkan untuk disiapkan, supaya tidak tembus karena hujan.
  3. Jangan Sampai Dehidrasi.
    Cukupi kebutuhan air, sesulitnya air kalian harus cukup konsumsi air. Karena dehidrasi juga mengakibatkan turunya suhu tubuh dan sulitnya tubuh merespon hal ini. Jadi biasakan dalam setiap jam kalian meminum air putih, sekitar 1 gelas setiap jam.
  4. Terpenuhinya Kalori Tubuh.
    Makanan adalah hal yang sangat penting, proses pencernaan tubuh membutuhkan kalori. dan Proses ini akan menaikan suhu tubuh, disamping itu Karbohidrat bisa menjaga suhu tubuh agar tetap stabil. Jadi konsumsi makanan yang cukup, karbohidrat dan lemak bisa membuat suhu tubuh stabil dan cenderung aman untuk menghadapi suhu dingin.
  5. Hindari Mengkonsumsi Kopi Malam Hari
    Kenapa tidak boleh? karena kopi bisa mengakibatkan tubuh melakukan hidrasi (pipis, keringat). Hidrasi yang tinggi bisa berdampak pada turunya kadar cairan tubuh, dan ini berbahaya jika terjadi di malam hari. Suhu dingin memang membuat kita tidak haus, tapi keluarnya cairan dari urin dan keringat bisa berdampak pada turunya suhu tubuh.
  6. Pastikan Istirahatmu Cukup
    Isitrahat memang faktor terpenting, semakin cukup istirahat maka semakin baik tubuh merespon dingin secara alamiah. Jadi jangan begadang, hindari kopi dan harus ada jadwal tidur yang disepakati supaya tidak ada yang begadang. 
Nah itulah beberapa tips yang bisa di gunakan untuk menghadapi dingin, bukan cuman pakai jaket dan sleeping bag. Tapi banyak faktor lain seperti di atas, mudah-mudahan bisa berguna disaat kalian mendaki nanti.

Selamat mendaki ^^v

0 komentar:

Post a Comment