KilometerIndonesia

AdSense


Olahraga naik gunung adalah olahraga yang tergolong dalam kategori olahraga ekstrim, pertama karena medan yang cukup berbahaya dan durasi olahraga yang sangat panjang. Kita akan berjalan rata-rata lebih dari 8 jam perhari, ini menjadi isu yang harusnya menjadi perhatian. Pada faktanya banyak para pendaki yang tidak peduli terhadap kondisi ini, misalnya banyak sekali pendaki yang memakai celana pendek saat melakukan pendakian. Bukan dilarang tapi cenderung lebih safety jika menggunakan celana panjang dan lebih aman dalam penglihatan khususnya para pendaki wanita.

Tapi banyak yang bingung bagaimana supaya kita tidak salah memilih celana gunung, berikut adalah tips yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih celana gunung:



Pilih Celana yang Ringan
Beban celana secara langsung akan mempengaruhi kekuatan berjalan, semakin berat celana maka semakin banyak juga energi dan beban otot yang dibutuhkan untuk bergerak. Apalagi jika medan pendakian tergologn sangat berat, inilah yang harus diperhatikan jika kita belum siap melakukan latihan fisik yang cukup sebelum pendakian. Celana Levis dan sejenisnya tidak cocok digunakan dalam pendakian karena selain bebanya berat apalagi jika bisa dan bahanya tidak mampu menghangati tubuh sehingga cenderung dingin jika suhu sekitarnya rendah.


Pilih Celana yang Kuat Bahannya dan Fleksibel
Celana yang kuat tidak mudah robek sangat bermanfaat untuk kita, juga pergerakan kaki yang cukup tinggi saat melakukan pendakian membutuhkan bahan celana yang fleksibel. Selain itu Bahan yang kuat akan bermanfaat untuk melindungi kaki kita dari sesuatu yang berbahaya misal duri tanaman, hewan buas dan lain sebagainya.

Pilih Celana Berbasis Kanvas (Ripstop Nilon)
Bahan ini banyak keunggulan antara lain jika mengalami kerusakan (robek) tidak menyebar ke daerah kain yang lain, sehingga sangat cocok untuk kegiatan pendakian yang kadang mengalami sedikit insiden terkait penyebab celana robek. Selain itu bahanya cukup baik untuk melindungi kaki dari hal-hal berbahaya di alam sekitar, sangat direkomendasikan untuk digunakan saat mendaki gunung.

Apakah Celana Cargo Cocok untuk Naik Gunung?
Menurut saya tidak selalu, karena celana cargo memiliki ciri khas kantong yang banyak. Fungsi dari kantong di celana saat naik gunung sebenarnya tidak terlalu berfungsi, mungkin bisa di gunakan untuk menaruh obat dan barang urgen yang kecil. Semua barang ini sebenarnya bisa di taruh di carrier yang kita bawa, atau selipan lain dari tas.

Bahan Cepat Kering Cocok untuk Celana Gunung?
Sebenarnya benar juga jika celana dryquick ini berfungsi saat naik gunung, apalagi jika gunung itu memiliki curah hujan yang tinggi. Tapi pendapat saya bahan ini kurang cocok, kenapa? karena mudah robek dan tidak mampu digunakan untuk menjaga panas tubuh. Saran yang paling baik adalah gunakan celana dengan bahan Kanvas dan gunakan celana Tight Pants sebagai pelapis sebelum kulit, ini bisa memiliki banyak manfaat antara lain kulit kalian tidak lecet dan lebih tahan dingin.

So begitulah kira-kira saran yang bisa saya berikan, mudah-mudahan tidak ada lagi ya yang pakai celana levis dan sejenisnya juga celana pendek saat melakukan pendakian. 

Semoga bermanfaat. Salam Mendaki ^^v

0 komentar:

Post a Comment