KilometerIndonesia

AdSense

Mie Aceh Kepiting, hidangan yang sangat menggugah selera,
Perpaduan bumbu kaya rempah dan cita rasa kepiting sangat
membuat makanan ini sangat membekas di hati.
Mengenal Mie Aceh, maka kita akan harus mengenal sejarah Aceh. Bagaimana ceritanya mie dengan kuah merah dengan cita rasa kaya rempah yang kuat, juga rasa pedas dengan tambahan perasan jeruk nipis yang membuat sedikit cita rasa asam ke dalam mie menjadikan hidangan ini menjadi icon jajaran masakan khas Aceh yang sangat diminati hingga seluruh Nusantara. Mungkin cita rasa ini dipengaruhi karena pada zaman dahulu Aceh adalah tempat singgah para pelancong dari Arab dan India yang meninggalkan sedikit banyaknya budaya yang kental dengan Budaya Arab, India dan Melayu.

Bumbu utama Mie Aceh adalah bumbu merah yang terbuat dari bahan utama cabai merah kering dan berbagai macam campuran rempah, toping yang digunakan antara lain adalah Udang, Cumi, Daging Sapi atau Kepiting. Kepiting adalah bahan toping yang cukup favorit untuk dipesan, Kepiting utuh tersaji bersama Mie Aceh membuat sajian ini begitu menggoda untuk dimakan. Disamping itu ada kerupuk emping (Kerupuk Mulieng) yang biasa disajikan bersama Mie Aceh.

Ditemani, Kerupuk dan Jus Jambu Biji,
Cukup untuk menjadi penutup makan
malam yang luar biasa.
Sore itu saya memesan Mie Aceh Kepiting, dengan kepedasan yang sedang. Sambil menunggu Mie Aceh saya memerhatikan jejak-jejak Tsunami yang masih membekas di sekitar Pelabuhan ini, membayangkan betapa dahsyatnya Tsunami saat tahun 2004 membuat saya sadar betapa menakutkanya musibah saat itu. Rumah-rumah, pohon, mobil termasuk jasad manusia terbawa sampai kota Banda Aceh yang jaraknya sekitar 7.5 km. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari kejadian itu antara lain adalah Redamnya konflik yang terjadi di Aceh saat itu. 

Mie Aceh pun sudah tersaji siap untuk disantap sambil menikmati matahari terbenam di sana, kepiting utuh yang telah dibersihkan dan tampak berwarna oren sangat menggoda untuk segera dinikmati. Kepitingnya cukup besar hingga menutupi piring sajian dan mie aceh yang penuh menutupi bagian badan kepiting tersebut. Tidak lupa sajian jeruk nipis, emping dan irisan mentimun menemani sajian menggugah selera ini. 

Saya pun mencoba Mie Aceh ini, cita rasa kaya rempah sangat terasa dari suapan pertama dengan sedikit rasa pedas dan kuah kental gurih membuat sajian ini sangat nikmat untuk dinikmati. Saya terkesan dengan Mie Aceh disini, saya tidak pernah merasakan Mie Aceh senikmat disini. Tidak lupa mari kita bongkar daging Kepitingnya, dengan alat pemecah kulit saya mencoba mengambil daging kepiting. Rasanya sangat manis dan sangat nikmat, mungkin karena sudah tercampur dengan bumbu Mie Aceh rasa kepiting menjadi lebih unik dan sangat enak. 

Senja di wilayah pelabuhan Ulee Lheu, pengalaman bersenda gurau sambil
menikmati matahari terbenam disini
Menikmati Mie Aceh saat matahari terbenam disini cukup menyenangkan terlebih rasa Mie Aceh yang sangat nikmat, kalau saya boleh menilai Mie Aceh disini saya beri nilai 9 (3 Star). Setelah hidangan habis, saya pun menikmati sejenak sampai matahari benar-benar hilang dari ufuknya dan adzan magrib berkumandang. Jika ada kesempatan berkunjung ke Kota Banda Aceh silahkan mampir ke Pelabuhan Ulee Lheu untuk menikmati sajian Mie Aceh, sangat rekomen untuk dicoba.  

Terima kasih, #PesonaIndonesia #VisitIndonesia #VisitAceh #KulinerAceh #KulinerIndonesia

23 komentar:

  1. mie aceh emang gak ada tandingan

    ReplyDelete
  2. Di kota saya juga di Garut ada mie aceh, cuman kurang diminati gan, knapa yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena kurang pas kali bumbunya tidak original mie Aceh, atau juga peminat masakan bumbu kaya rempah ini kurang diminati sm masyarakat garut. Mungkin ya hehee.. Thanks dan mampir kk

      Delete
  3. mie aceh sangat enak dan terkenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you gan, mie aceh memang sudah terkenal saat ini hampir diseluruh daerah sudah banyak tersebar waarung khas aceh

      Delete
  4. Di banten banyak nih yang jual mie aceh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran? Apa mungkin karena banyak yg suka ya sama cita rasanyan hehe

      Delete
  5. Saya baru tahu Mie aceh ada campuran rasa kepitingnya? Jadi ngiler nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya waktu itu juga aneh pertama, ternyata ada yg dikasih kepiting utuh gini ternyata enak rasanya

      Delete
  6. manteppp rasanya ,, :d .. saya udah pernah coba

    ReplyDelete
  7. mirip mie ayam tapi ada kepitingnha ya, jadi penasaran pgn coba rasanya

    ReplyDelete
  8. widih baru tau ane gan mi aceh ada campuran kepiting :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada gan, ada campuran kepiting, cumi, daging, dsb btw kepiting paling di rekomendasikan

      Delete
  9. mie aceh itu memang juaranya. rasanya itu loh. luar biasa nikmat.. hmmm yummy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar memang juara, citarasa kaya rempah dan sangat mengenyangkan hehee.. Nikmat maknyus

      Delete
  10. Harganya berapa mas ? kepengen banget mie aceh tapi belum kesampaian.

    ReplyDelete
  11. Didaerah mana ini dijualnya Mas? Baru lihat mie aceh pake kepiting.

    ReplyDelete
  12. Aji gile enak kali kayaknya bang.. seger pula mie + kepitingnya..

    ReplyDelete
  13. Enak nih kayaknya makanan dari aceh, kira2 diluar aceh ada tempat yang jual enggak ya

    ReplyDelete