KilometerIndonesia

AdSense

Pemandangan Gunung Kelud
Gunung api yang masih aktif hingga saat ini adalah daya tarik terbesar orang datang berwisata ke Kediri, dari segala penjuru Jawa Timur Mereka bisa datang untuk menikmati keindahan dari Gunung Api tersebut. Saya datang kesini tahun 2015, saat itu saya sedang mengunjungi Kampung Inggris Pare. Bersama teman-teman saya berangkat menggunakan kendaraan roda dua membonceng satu teman menuju Gunung Kelud, tidak terlalu jauh hanya butuh waktu sekitar 1-2 jam tergantung kecepatan dan padatnya kendaraan. 

Perjalanan dimulai pukul 08.00 WIB berangkat dari Pare menuju pusat Kecamatan Pare menuju arah Gunung Kelud, melewati ladang-ladang warga yang sangat asri dipandang mata. Jalanan relatif baik walau ada beberapa jalan desa yang tidak cukup bagus tapi masih bisa di lewati kendaraan bermotor, cuaca relatif kering pada akhir tahun itu terik matahari yang cukup menyengat di pagi itu. Disamping jalan raya terdapat pasir-pasir halus yang menjadi ciri khas perjalanan kami,pasir halus tersebut adalah pasir dari muntahan lahar dari kejadian letusan Gunung Kelud pada tahun 2014. Dahulu Pasir ini sampai memenuhi jalanan Kampung Inggris Pare juga Kota Kediri dan sekitarnya, ini menjadi kenangan yang akan selalu dikenang oleh warga Kediri. 

Gunung Kelud di daerah Kawah
Setelah bebera waktu berjalanan dengan arahan penunjuk jalan dan google Map, kami sampai di Pintu Gerbang Wisata Alam Gunung Kelud. Harga Tiket sebesar Rp 10,000 (pada saat itu) dengan kendaraan motor Rp 2000 (pada saat itu), kami mulai melanjutkan perjalanan menuju puncak Gunung Kelud. Bagi yang tidak menggunakan kendaraan pribadi ada kendaraan angkutan yang disediakan pengelola Wisata Alam ini, tapi kurang tau berapa harganya. Ada juga teater yang memutarkan tentang sejarah Gunung Kelud dari dulu sampai saat ini, sangat direkomendasikan nonton film ini sebelum naik ke Kawah Gunung Kelud karena akan membuat informasi lebih kaya.

Perjalanan ke atas cukup singkat, sekitar butuh waktu 30 menit sampai ke tempat parkir terakhir. Suhu cukup sejuk hari itu dan relarif dingin jadi sangat dianjurkan untuk membawa jaket yang cukup tebal, dan topi untuk menghalau sinar matahari yang cukup terik saat itu. Sepanjang perjalanan dari bawah ke atas pemandangan luar biasa indah dengan hamparan alam Kota Kediri dan Padang Pasir di bawah kaki Gunung, sangat cantik sekali.
Jalan Aspal Menuju Puncak Gunung Kelud, Indah Sekali

Banyak perubahan yang terjadi di tempat ini, karena kejadian erupsi Gunung pada tahun 2014. Dulu menurut informasi yang saya peroleh disini sangat hijau dan asri, tapi saat ini kaldera-kaldera Gunung Kelud lebih di dominasi Pasir yang tandus tapi hal ini menjadikan Gunung Kelud lebih eksotis dibandingkan sebelumnya. Hal yang paling menarik disini adalah duduk di warung makan makanan dan minuman hangat sembari menikmati keindahan alam Gunung Kelud, juga hal yang tidka kalah penting adalah berfoto dengan background Gunung Kelud yang mempesona.

Kita tidak bisa melihat kawah baru yang terbentuk karena letusan Gunung Kelud sebelumnya, karena kondisi tanah masih belum stabil jadi terdapat plang batas pengunjung hanya dalam area yang telah diberi pengaman. Secara Keseluruhan berwisata kemari sangat menyenangkan, udara yang bersih, sejuk dan pemandangan yang indah. Jadi jangan sampai terlewat kesini kalau berkunjung ke Kota Kediri.

Happy Holiday #VisitIndonesia #PesonaIndonesia

1 komentar: